Jumat, 13 Januari 2012

Sumber Cahaya Para Ahli Kubur

    
     Suatu ketika, salah satu sahabat Nabi ( Abu Qolabah ) bermimpi dan mendpatkan dirinya berada di sebuah tanah kuburan. Dia begitu kaget ketika masing-masing makam terbelah, kemudian para penghuninya masing-masing berdiri di tepi makam yang ia tinggalinya. Yang Sungguh menakjubkan, di setiap makam, masing-masing  muncul secercah cahaya.
     Hanya saja, ia bertanya-tanya ketika diantara mereka ada sebuah makam yang tak ditemani oleh secercah cahaya. ia pun mendekati makam tersebut karena penasarannya. ketika ia melihat makam tersebut,ia terkejut karena di dalam mkam tersebut adalah tetangganya sendiri yang baru beberapa minggu meninggal dunia.Abu Qolabah pun bertanya ; " Hai tetanggaku..mengapa saya tak melihat cahaya di makammu.. .???"
     Tetangganyapun mnjawab ; " Sebenarnya,mereka yang ditemani cahaya itu mempunyai putra-putri dan sahabt-sahabat yang selalu mendo'akannya dan bersedekah di dunia atas nama mereka." cahaya itu berasal dari apa yang mereka kirimkan kepadanya. Sementara Saya mempunyai anak,saudara,sahabat yang tak pernah mendo'akan dan besedekah atas nama saya di dunia. Maka beginilah jadinya" Ucap sang penghuni sambil bersedih.
     Abu Qolabah pun kaget dan terbangun dari tidurnya. Ia bergegas memanggil puta- putri sang tetangga yang diimpikannya semalam td dan menceritakannya kepada putra-putri,saudara dan sahabtnya. Mendengar Kisah mimpi  Abu Qolabah tesebut,si putra-putri sang tetangga td merasa menyesal dan langsung menyatakan bertobat.Lalu,ia pun melakukan keta'atan,banyak berdo'a untuk sang ayah,dan bersedekah atas nama sang ayah.
     Setelah bertemu dan menyampaikan berita mimpi tersebut kepada sanak saudara tetangganya,Abu Qolabah pun beristirahat kembali ( Tidur ),Abu Qolabah bermimpi kembali seperti mimpi yang pertama, Hanya berbeda,Kini Sang tetangga yang sebelumnya ia mimpikan tidak memiliki secercah cahaya,dlm mimpi keduanya sang tetangga memiliki cahaya seindah bulan purnama yang terang.
     Abu Qolabah pun mendekati Kuburan Sang tetangganya dan Berkata ;" ALHAMDULILLAH..,Kini Kuburanmu tlah terang,bahkan lebih terang dari pada ahli kubur lainnya."SAng tetangga pun menjawab : " YA..Ini berkat dirimu yang telah menolongku bercetita dan memberi tahu sanak saudaraku yang masih hidup di dunia."Abu Qolabah pun tersenyum dan AKhirnya Sang tetangga pun tak malu karena dlm kuburnya tlah muncul cahaya bahkan terang benerang tak seperti ahli kubur lainnya.

Tidak ada komentar: