Jumat, 13 Januari 2012

Kisah Ali Bin Abi Thalib

  
Di sebuah perkumpulan dimana di sana trdpt para sahabat nabi,pemimpin,tokoh-tokoh masyarakat yahudi dan sekumpulan pendeta....ketika itu..,para sahabat sedang berbicara tentang Islam dikalangan masyarakat yahudi..sekumpulan pendeta pun agak tak senang dengan apa yg di bicarakan para sahabat tentang Islam....

     Sejumlah pendeta pun berdialog dengan salah satu sahabat nabi Muhammad Saw dan berktata; " Jika anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan kami,kami sepakat bahwa anda berada pada kebenaran.Jika tidak,berarti anda berada pada kebathilan (kebohongan/omong kosong)."

     Karena saking kesalnya,seorang sahabat Nabi Muhammad Saw (Ali bin abi thalib) pun menjawab; "Sebenarnya saya mempunyai 60 Bab ilmu.masing-masing bab mempunyai 1000 orng pencatat. Maka,silahkan kalian bertanyatentang berbagai hal yang kalian suka.bagi saya,rasanya sangat entenguntuk menjawab kalian dengan Kalimat "LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYUL 'ADZIIMM (Tiada daya dan kekutan kecuali dengan ALLAH,Dzat yang maha tinggi dan maha agung)."

     Pendeta pun kaget dan penasaran bercampur rasa kesal.tanpa basa-basi,mereka mulai mengajukan pertanyaan kpd Ali Bin abi thalib ;" Informasikan kepada kami seputar LANGIT, dan apa yang lebih besar darinya...??"

    Ali bin abi thalib pun langsung mnjwb pertanyaan tersebut ;  "yang lebih besar dari langit adalah SANGKAAN (Tuduhan) yang bukan-Bukan terhadap sang pencipta."

    Pendeta pun bertanya kembali ; " Seputar BUMI, Apa yang lebih luas darinya..???"

    Alipun menjawab kembali ;  " Yang lebih lluas dari bumi adalah KEBENARAN."

    Pendeta pun melanjutkan pertanyaan ; " Seputar API, Apa yang lebih panas darinya...???"

    Alipun menjawab ; " Yang lebih Panas dari api adalah Hati orang yang rakus (TAMAK) dalam mengumpulkan hal dunia".

    Pendeta bertanya kembali ;  " Seputar ANGIN, apa yang lebih cepat darinya...??"

    Ali pun mnjawabnya ;  " Yang lebih cepat dari angin adalah Do'a ORANG- ORANG YANG TERDZOLIMI ".

    Pendeta meneruskan kembali pertanyaannya ; " Seputar LAUTAN, apa yang lebih kaya darinya...???".

    Alipun menjawab ; " Yang lebih kaya dari lautan adalah Hati orang yang QONA'AH".

    Pendeta bertanya kembali ;  " Seputar BATU, Apa yang lebih keras darinya...???".

    Ali menjawab; " Yang lebih Keras dari batu adalah HATI oarang YANG DURHAKA".

    Pendeta melanjutkan pertanyaan kembali; " Seputar SESUATU, Apa yang dapat kita lihat tetapi tidak di lihat Oleh ALLAH..??".

    Ali pun menjawab; " Yang dapat kita lihat tetapi tidak di lihat oleh ALLAH adalah WAJAH DAN AMAL ORANG KAFIR."

    Pendeta pun bertanya kembali ; " Seputar SESUATU, yang ada diantara kita dan ALLAH..???"

    Ali pun menjawab ; " Sesuatu yang ada diantara kita dan ALLAH adalah Do'a dari kita dan pengabulan darinya (ALLAH)."
   Para pendeta itu truz mencercakan pertanyaan dengan gencar kepada Ali bin abi thalib dan para sahabat nabi yang hadir. Ali bin abi thalib pun yang di juluki rosulallah sebagai Babul 'Ilm ( Pintu Ilmu ) mnjawabnya dengan tangkas dan cerdik.kini,mereka bertanya seputar suara-suara binatang.

      Pendeta ; " Apa maksud ringkikan Kuda...????"

      Ali bin abi thalib mnjawab ; " Adapun Kuda,ia meringkik karena ia berdo'a,Ya Allah, muliakanlah orang-orang muslimin dan hinakanlah orang-orang kafir".

      Pendeta ; " Apa maksud sura Sapi....???"

      Ali : " Sapi mengatakan, Wahai orang yang lalai, engkau akan menghadapi kesibukan dan kematian. Wahai orang yang lalai, dalam wktu dekat engkau akan segera berangkat. Wahai orang yang lalai, engkau akan menuai apa yang telah engkau persembahkan, dan esok engkau akan bertemu dengan apa yang telah engkau kerjakan".

       Pendeta ; " Apa maksud dari suara keledai ??"

      Ali bin abi thalib ;"  Keledai berdo'a , Ya Allah, Laknat lah para PUNGLI ( Pelaku Pungutan liar ) dan pekerjaannya".

      Pendeta ; " Apa maksud suara embik domba...????"

      Ali ; "  Domba itu hendak mengatakan, Wahai kematian, betapa menyakitkan engkau,Wahai kematian betapa keji engkau, Wahai kematian, betapa buruk engkau. Wahai Putra adam,apa yang membuat mu malas."

      Pendeta ; " apa maksud gonggongan anjing...???"

      Ali : "  mksd anjing menggonggong Anjing itu berdo'a, Ya allah,sesungguhnya aku diharamkan. Maka kasihanilah orang yang mengasihaniku".

      Pendeta : "  Apa maksud ngeongan kucing...???"

      Ali ; " Kucing itu sebetulnya sedang membacakan 10 ayat dari kitab taurat yang mengesakan ALLah."

      Pendeta ; " apa maksud suara burung elang...???"

      Ali : " Burung elang hendak mengatakan, Silahkan hidup sesuka hatimu.sesungguhnya kamu akan mati.Silahkan kumpulkan apa saja sesuka hatimu.Sesungguhnya kamu pasti akan meninggalkannya. dan silahkan, Cintai apa saja sesuka hatimu, Sungguh pasti kamu akan berpisah dengannya."

      Pendeta : " apa maksud geok burung gagak...???? "

      Ali : " burung itu hendak memberitahukan kepada manusia. wahai sekalian Umat, hati-hatilah terhadap hilangnya ni'mat yang ALLAh berikan.Wahai sekalian umat, Hati-hati lah terhadap turunnya azab ALLAH.

      Pendeta : " Apa maksud suara burung merpati...??? "

     Ali ; " Burung merpati berkata, Sambunglah tali silaturahmi bagi orang yang memutusknnya darimu, MAAF kanlah orang yang menzalimimu. Berilah orang yang kikir darimu, Dan ajaklah bicara orang yang meninggalkanmu maka pastilah surga menjadi tempatmu."

       Pendeta : " Apa maksud dari suara katak...???"

      Ali ; " Katak mengucapkan, Maha suci DZAtmu YA ALLAH yang smua mahluk bertasbih kepadamu.baik yang di lautan,udara,darat,gunung-gunung,dan di tempat yang lengang.yang mempunyai bibir dan lisan juga Mahluk yg tak bernyawa."

      Pendeta :" Apa maksud adanya bumi dan Matahari yang terang sinarnya...??"

     Ali bin abi thalib menjawab : " Ketika Terbenam,Matahari dan bumi berucap, Ya ALLAH, Aku betul-betul akan menjadi saksi bagi siapa siapa saja yang hidup di dlmku dan terkena sinarku."

Tidak ada komentar: